BLM STIE PGRI SUKABUMI 2015-2016



Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persatuan Guru Republik Indonesia Sukabumi atau yang akrab disebut STIE PGRI Sukabumi adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Sukabumi dibawah naungan YPLP PT PGRI Sukabumi. STIE PGRI Sukabumi berdiri tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1993. Dan baru pada tahun 1999 berdasarkan SK No. 445/DIKTI/Kep/1999, STIE PGRI Sukabumi membuka Program Studi S1 Akuntansi S1 dan Manajemen S1. Dari situ tidak terlalu banyak yang mengutip secara lengkap tentang sejarah mengenai organisasi mahasiswa (ORMAWA) STIE PGRI Sukabumi, yang penulis temui berdasarkan data AD-ART BEM STIE PGRI Sukabumi revisi BPM 2008-2009, bahwa BEM STIE PGRI Sukabumi berdiri pada tanggal 9 Maret 2006, dan mungkin sebuah pekerjaan rumah (PR) bagi para aktivis ORMAWA STIE PGRI Sukabumi untuk menelusuri sejarah ORMAWA STIE PGRI Sukabumi lebih lengkap lagi. Sejarah Badan Legislatif Mahasiswa STIE PGRI Sukabumi (BLM STIE PGRI Sukabumi) tidak pernah lepas dari sejarah adanya Badan Pengawas Mahasiswa STIE PGRI Sukabumi (BPM STIE PGRI Sukabumi) yang sempat meramaikan ORMAWA STIE PGRI Sukabumi pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Perbedaan BPM STIE PGRI Sukabumi dan BLM STIE PGRI Sukabumi adalah sesuai namanya BPM STIE PGRI Sukabumi hanya berfungsi sebagai pengawas dan anggotanya berdasarkan senioritas tingkat, sedangkan BLM STIE PGRI Sukabumi memiliki peran yang lebih luas dimana fungsi legislatif dalam dunia kemahasiswaan ada 4 yaitu anggaran,legislasi,pengawasan, dan advokasi dan keanggotaannya bersifat dewan perwakilan mahasiswa dari masing-masing kelas, sederhananya miniatur DPR kalau dalam ketatanegaraan Republik Indonesia.
Sejarah BLM STIE PGRI Sukabumi sendiri diawali pada pembentukan dan pemilihan anggota BLM STIE PGRI Sukabumi untuk periode 2015-2016 tepatnya pada hari Jum’at tanggal 15 Mei 2015, Jam 15.30-17.00 WIB., di Aula STIE PGRI Sukabumi bersamaan dengan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa STIE PGRI Sukabumi tahun 2015. Pada periode 2015-2016 Anggota BLM STIE PGRI Sukabumi berjumlah 14 orang dari masing-masing kelas program studi. Dari hasil proses pemilihan dalam acara LDKM STIE PGRI Sukabumi 2015 tersebut terpilih sebagai Ketua Dian Hardiansyah (Manajemen), dan Wakil Ketua Luli Rahayu Utami (Manajemen), serta Sekretaris Jenderal Dini Maulani Istiqomah (Akuntansi).
Seperti bayi baru lahir sebagai ORMAWA yang sejajar dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), pada waktu itu BLM STIE PGRI Sukabumi belum bisa berkontribusi besar khususnya untuk mahasiswa dan umumnya civitas akademika STIE PGRI Sukabumi. Hal ini lebih disebabkan pada faktor-faktor SDM anggota BLM STIE PGRI Sukabumi sendiri yang belum begitu paham mengenai peran dan fungsi BLM STIE PGRI Sukabumi itu sendiri sehingga BLM STIE PGRI Sukabumi sulit membangun pergerakan organisasinya dan struktur kepengerusan yang belum begitu sistematis seperti anggota berjumlah genap dan jumlah anggota komisi yang berjumlah genap pula membuat sering deadlock dalam mengambil keputusan, ditambah BLM STIE PGRI Sukabumi lambat memiliki Sekretariat sebagai Home Ground Organitation. Akan tetapi angkatan pertama BLM Sukabumi sudah berusaha belajar membangun sistem organisasinya sendiri agar sesuai dengan peran dan fungsinya BLM STIE PGRI Sukabumi.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh follow777. Diberdayakan oleh Blogger.